NAMA : MOCHAMAD RIZKY MAULANA
KELAS : 3 EA 19
NPM : 14211534
EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN
Evaluasi alternative sebelum pembelian
Evaluasi alternatif merupakan suatu proses
dimana suatu alternatif pilihan dievaluasi dan dipilih oleh konsumen. Pada
tahap evaluasi konsumen harus:
1). Menentukan kriteria yang akan digunakan
untuk menilai alternatif,
2). Memutuskan alternatif mana yang akan
dipertimbangkan,
3). Menilai kinerja dan alternatif yang
dipertimbangkan dan
4). Memilih dan menerapkan kaidah keputusan
untuk membuat pilihan akhir.
Philip kotler mengemukakan, “Konsumen
mempelajari merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya. Informasi ini digunakan
untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam menentukan keputusan
pembeliannya”(1998:170).Menurut Sutisna, “Setidak-tidaknya ada dua kriteria
evaluasi alternatif. Pertama adalah manfaat yang diperoleh dengan membeli
produk. Kedua, kepuasan yang diharapkan”(2001:22).
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut,
ketika berbagai alternatif telah diperoleh, konsumen melakukan evaluasi
alternatif. Evaluasi altenatif tersebut, dalam keberadaanya ditentukan oleh
keterlibatan konsumen dengan produk yang akan dibelinya.Alternatif membeli atau
tidak membeli produk (merk) tertentu, dipengaruhi oleh pertimbangan atribut
produk. Yaitu meliputi: manfaat, kepentingan, image, dan fungsi yang
diharapkan. Pertimbangan tersebut seringkali diperbandingan antara manfaat yang
akan diperoleh dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk memperoleh atau setelah
membeli barang tersebut. Mempertimbangkan untuk membeli mobil kedua adalah
pilihan antara keleluasaan pemakaian dan tambahan investasi maupun biaya
perawatan.Kriteria yang digunakan konsumen selama pengambilan keputusan akan
tergantung pada beberapa faktor, diantaranya:
1) Pengaruh
situasi,
2) Kesamaan
alternatif-alternatif pilihan,
3) Motivasi,
4)
Keterlibatan,
5) Pengetahuan
KONSEP DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN
Dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya, seorang konsumen harus memilih produk
dan/atau jasa yang akan dikonsumsinya
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
Proses pengambilan keputusan diawali dengan adanya kebutuhan
yang berusaha untuk dipenuhi. (a) Setelah konsumen
menerima pengaruh dalam kehidupannya maka mereka sampai pada keputusan membeli
atau menolak produk. Proses pengambilan keputusan diawali dengan adanya
kebutuhan yang berusaha untuk dipenuhi.
(b) Konsep
Keputusan
Keputusan adalah suatu pemilihan tindakan dari dua atau lebih
pilihan alternatif. Bila seseorang dihadapkan pada dua pilihan, yaitu membeli
dan tidak membeli tapi memilih membeli, maka dia ada dalam posisi membuat
keputusan.
MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN
Model-model pengambilan keputusan telah dikembangkan oleh
beberapa ahli untuk memahami bagaimana seorang konsumen mengambil
keputusan pembelian. Model-model pengambilan keputusan kontemporer ini
menekankan kepada aktor yang berperan pada pengambilan keputusan yaitu
konsumen, serta lebih mempertimbangkan aspek psikologi dan sosial
individu.
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN
Sudut pandang ekonomis
Sudut pandang kognitif,
Sudut pandang emosional,
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
KONSUMEN
Proses pengambilan keputusan membeli pada konsumen dapat
dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat individual (internal)
maupun yang berasal dari lingkungan (eksternal). Engel (1995) membaginya sbb:
a. Faktor individual (internal) b. factor lingkungan (eksternal)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar