Pages

Subscribe:

Kamis, 29 Desember 2011

kegelisahan (tulisan 7)

Kegelisahan  dapat di definisikan sebagai emosi tidak menyengkan/menenangkan yang sering tumbul pada diri kita karena adanya rasa khwatir atau ketekutan,kegelisahan dapat di lihat dari gejalanya yaitu dari tingkah laku atau gerak gerik seseorang yang cenderung berbeda dari biasanya misalnya:
-          Orang tersebut mondar mandir kesana kemari tanpa tujuan
-          Duduk dengan wajah cemas
-          Sering mengepal tangan
kegelisahan yang terlalu berlebihan dapat menjebak kita pada situasi di mana kita tidak dapat mengambil keputusan
. Menurut Sigmund Freud, kecemasan ini dibagi tiga macam, yakni :
(1) Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan. Kecemasan timbul karena orang itu takut akan bayangannya sendiri, atau takut akan id-nya sendiri, sehingga menekan dan menguasai ego. Kecemasan semacam ini menjadi sifat dari seseorang yang gelisah, yang selalu mengira bahwa seseuatu yang hebat akan terjadi.
(2) Bentuk ketakutan yang tegang dan irrasional (phobia). Bentuk khusus dari phobia adalah, bahwa intensitet ketakutan melebihi proporsi yang sebenamya dari obyekyang ditakutkannya. Misalnya seorang gadis takut memegang benda yang terbuat dari karet. Ia tidak mengetahui sebab ketakutan tersebut, setelah dianalisis; ketika masih kecil dulu ia sering diberi balon karet oleh ayahnya, satu untuk dia dan satu untuk adiknya. Dalam suatu pertengkaran ia memecahkan balon adiknya, sehingga ia mendapat hukuman yang keras dari ayahnya. Hukuman yang didapatnya dan perasaan bersalah menjadi terhubung dengan balon karet.
(3) Rasa takut lain ialah rasa gugup, gagap dan sebagainya. Reaksi ini munculnnya secara tiba-tiba tanpa ada provokasi yang tegas. Reaksi gugup ini adalah perbuatan meredakan din yang bertujuan untuk membebaskan seseorang dari kecemasan neorotis yang sangat menyakitkan dengan jalan melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh id meskipun ego dan superego melarangnya.

Karena Sebab orang mengalami kegelisahan biasanya karna adanya ancaman dari luar ataupun dari dalam,karna takut kehilangan sesuatu yang di sukai ataupun di cintainya ataupun dari ketidakpastian
Biasanya orang yang pikirannya terganggu tidak bisa berpikir secara teratur apalagi untuk mengambil suatu keputusan
Penyebab terjadinya kegelisahan  sebagai berikut:
·         Phobia
·         Histeria
·         Halusinasi
·         Kompulasi
 KITA DAPAT MENGHINDARI KEGELISAN YANG BERLEBIHAN DENGAN CARA BERDOA 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar